Pasta Gigi Untuk Luka Bakar

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
pasta gigi untuk luka bakar

pasta gigi untuk luka bakar

Pasta Gigi Untuk Luka Bakar

Pasta gigi untuk luka bakar tidak bisa untuk penanganan pertama dalam luka bakar dan itu hoax!! Jangan aneh-aneh!. Penanganan pertama pada darurat luka bakar adalah mengguyur area yang terbakar dengan air dingin agar daging Anda tidak jadi matang karena di-grill (panggang) terus-menerus. Ingat, pakai air dingin! Bukan dengan bahan-bahan lain yang hanya menimbulkan sensasi dingin seperti pasta gigi! Masyarakat sering salah kaprah. Kalau hanya sekedar mencari sensasi dingin, hati mantan juga dingin. 😀 Pemberian bahan-bahan lain yang tidak benar misalnya minyak goreng, mentega, kecap (ini mau nyembuhin luka atau mau masak soto?) termasuk air liur ibu, air kencing onta, atau apa lagi lah yang lainnya, justru bisa menimbulkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan.

Tips jika mengalami luka bakar, yang perlu dilakukan :

1. Dinginkan yang terbakar.

Basuh area yang terbakar pada air dingin yang mengalir (bukan air es, ya) atau kompres dengan air dingin untuk meredakan rasa sakit.

2. Segera cabut benda yang melekat dekat area yang terbakar.

Cabut benda seperti cincin atau semacamnya secara cepat tapi pelan-pelan sebelum membengkak.

3. Jangan mencoba memencet luka bakar yang membengkak dan melepuh.

Cairan dalam luka yang membengkak tersebut sebenarnya berfungsi sebagai pelindung dari infeksi. Jika luka tidak sengaja pecah, bersihkan area tersebut dengan air.

4. Oleskan salep antibiotik.

Hentikan pemakaian salep jika malah menimbulkan ruam pada kulit.

5. Atau oleskan losion saat luka bakar sudah mendingin.

Gunakan losion yang mengandung aloe vera untuk meringankan rasa sakit.

Baca juga : Perbedaan Junk Food Dan Fast Food

6. Balut luka bakar.

Gunakan kain pembalut medis yang steril, jangan kapas karena akan melekat pada luka. Jangan balut terlalu ketat supaya tidak menimbulkan tekanan pada kulit yang terbakar. Membalut luka bakar menghindari udara masuk di area luka, meredakan rasa sakit, dan melindungi kulit yang melepuh.

7. Untuk luka bakar berukuran lebih dari 8 cm, langsung bawa ke dokter (sambil dibalut dulu dengan pembalut luka higienis atau kain yang bersih).

Jangan membasuh luka bakar yang tergolong parah dengan air, karena justru bisa menimbulkan hypothermia.

loading...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *