Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lebih Lama

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lebih Lama

Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lebih Lama

Cara Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lebih Lama

Tak dapat dipungkiri bawang putih merupakan salah satu bumbu pokok dalam setiap masakan. Bayangkan jika kita memasak tanpa menggunakan bawang putih, pasti rasanya sangat hambar. Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga punya segudang manfaat kesehatan. Diantaranya membuang racun tubuh, membunuh cacing di usus, juga mempercepat proses penyembuhan. Berikut cara menyimpan bawang putih agar tahan lebih lama :

1. Simpan di kulkas 

Menyimpan bawang putih di tempat terbuka akan membuatnya jadi lembap sehingga akhirnya muncul tunas baru. Baiknya simpan bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih dalam wadah kedap udara. Masukkan ke dalam kulkas atau freezer. Kalau bawang putih sudah muncul tunas, baiknya tanam bawang di dalam pot kecil berisi tanah, dan biarkan tumbuh.

2. Dihaluskan dulu baru disimpan di kulkas

Anda dapat menghaluskan beberapa siung bawang putih dengan blender atau food processor, lalu simpan dalam wadah kedap udara. Kemudian, simpan di dalam kulkas. Cacahan bawang putih ini bisa menghemat waktu memasak Anda nantinya. Selain lebih praktis, bawang putih yang sudah dihaluskan juga lebih awet dibanding bawang utuh yang disimpan di suhu ruangan.

3. Rendam dalam minyak zaitun

Cara selanjutnya adalah dengan merendam bawang putih dengan minyak zaitun. Pertama, kupas dulu bawang putih dan cuci bersih, kemudian simpan dalam wadah. Setelah itu tuang minyak zaitun hingga semua bawang tenggelam di dalamnya. Tutup rapat dan masukkan wadah dalam kulkas.

Minyak zaitun yang terserap dalam bawang itu nantinya akan ikut memperkaya rasa masakan Anda. Selain itu, minyak rendaman yang kini menyisakan rasa bawang dapat digunakan sebagai saus atau dressing salad.

Ingat, simpan bawang putih dan minyak zaitun di kulkas, jangan di suhu ruangan. Bawang putih yang disimpan dengan cara ini biasanya bisa tahan sekitar 3 minggu. Bila sudah lebih dari 3 minggu, buang dan ganti dengan bawang putih segar dan minyak zaitun baru.

Baca juga : Cara Bikin Minyak Kemiri Untuk Rambut

4. Jangan simpan dalam kantung plastik

Hindari menyimpan bawang putih dalam kantung plastik atau wadah kedap udara. Karena bisa menyebabkan pertunasan dan tumbuhnya jamur. Lebih baik simpan bawang putih dalam keranjang yang punya lubang ventilasi. Bawang sudah dikupas bisa disimpan dalam lemari es dengan keadaan bawang dalam wadah tertutup rapat.

loading...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *