Penting!! Apa Itu Emboli Udara?

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apa Itu Emboli Udara?

Apa Itu Emboli Udara?

Kenapa dokter sebelum menyuntikan jarum suntik ke pasien disentil sentil terlebih dahulu? petanyaan yang mungkin nyeleneh tetapi berefek besar adalah karena untuk menghilangkan udara yang terperangkap di suntikan tersebut.

Apa itu emboli udara, yaitu udara yang terperangkap didalam darah. Hal ini sangat berbahaya karena udara yang terperangkap ini bisa bertindak sebagai sumbatan, tergantung seberapa besar diameter gelembung udaranya, bila cukup besar maka akan menyumbat aliran darah di pembuluh darah yang lebih kecil dari diameter gelembung udara tersebut. Berikut ilustrasinya :

Apa Itu Emboli Udara?

Bila gelembung itu membuntu pada pembuluh darah di otak bisa terjadi stroke, bila di jantung bisa terjadi serangan jantung, bila di usus bisa terjadi kematian usus yang diikuti pembusukan usus (nekrosis), bila di ujung jari atau kaki bisa terjadi kematian jaringan, bila terjadi di pembuluh darah paru disebut emboli paru, dan lain-lain.

Akan tetapi bisa juga terjadi bila gelembung yang masuk tidak terlalu banyak bisa diserap oleh tubuh. Sayangnya hal ini tidak bisa di perkirakan sebanyak apa gelembung akan menyebabkan penyakit. Karena sebisa mungkin emboli udara harus dihindari. Kita menyebutnya emboli udara jika ada udara yang masuk ke dalam pembuluh darah, gelembung udara yang masuk kedalam pembuluh darah bisa mematikan.

Adanya gelembung udara yang masuk ke pembuluh darah memang bisa menghambat aliran darah. Maka itu ketika seseorang sedang mau disuntik, gelembung udara yang ada disuntikan harus dipastikan tidak ada. Hal ini karena jika ada gelembung udara yang masuk bisa berbahaya bagi tubuh bahkan hingga menyebabkan kematian.

Kondisi ini dikenal dengan nama emboli. Hal ini bisa berbahaya karena darah digunakan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika emboli terjadi maka pasokan darah ke organ utama tubuh seperti otak, paru-paru atau jantung menjadi terhambat. Jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kegagalan organ bahkan hingga kematian.

Dikutip dari medscape.com :

1. Jika ada lebih dari 5ml/kg udara yang masuk ke pembuluh darah vena bisa menyebabkan cedera yang signifikan seperti shock atau gagal jantung.

2. Suntikan 2-3 ml udara ke dalam sirkulasi otak bisa berakibat fatal

3. Jika gelembung udara masuk dengan cepat dan dalam ukuran besar menyebabkan kejang di ventrikel kanan yang meningkatkan tekanan di arteri paru-paru.

4. Jika volume udara yang masuk besar (lebih dari 30mL/kg/menit) ke dalam sistem peredaran darah vena akan mengganggu proses penyaringan di pembuluh darah paru-paru sehingga mengalami perubahan seluler.

Dan karena darah berfungsi menghantarkan oksigen dan nutrisi ke berbagai macam jaringan. Embolisme udara ini dapat menyebabkan berbagai macam kondisi gawatdarurat medis pada jaringan kritis.

Penyebab Emboli Udara :

1. Stroke

2. Infark miokard (serangan jantung)

3. Aritmia (ritme jantung tidak teratur)

4. Iskemia (sumbatan aliran darah)

Sehingga terkadang harus sampai dilakukan pembedahan untuk menyedot gelembung udara tersebut. Dan diketahui dosis letal embolisme untuk manusia diperkirakan sebesar 3–5 ml/kg

Maka dari itu, dokter menyentil nyentil suntikan/spuit adalah untuk mengeluarkan udara di dalam spuit tersebut. Semoga jawaban saya dapat sedikit membantu untuk mecerahkan tentang apa itu emboli udara?.

Terimakasih..

 

Baca juga :

Bahaya!! Akibat Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

loading...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *